Inilah 7 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Diabetes

Inilah 7 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Diabetes

Anda masih ragu soal manfaat susu kambing etawa untuk diabetes? Berbeda dengan susu sapi, susu kambing etawa memiliki berbagai manfaat bagi penderita diabetes. Susu kambing etawa mengandung nutrisi yang mampu mengobati diabetes.

Manfaat susu kambing etawa untuk diabetes sebenarnya sudah bukan hal baru. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing etawa memiliki kandungan asam amino, kalsium, dan mineral yang lebih bagus. Susu kambing etawa juga memiliki anti mikroba.

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Diabetes

Manfaat_Susu_Kambing_Etawa_Untuk_Diabetes
img src : pixabay

Dianggap bau dan kurang higienis, susu kambing etawa ternyata kaya manfaat. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada susu kambing etawa sangat unik. Susu kambing etawa tak hanya menjaga tubuh tetap sehat namun juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit jika dikonsumsi secara rutin.

Berbeda dengan susu sapi yang tidak disarankan dikonsumsi penderita diabetes, susu kambing etawa sangat justru disarakan untuk pengobatan. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat susu kambing etawa untuk diabetes.

Pembentukan hormone insulin

Susu_kambing_etawa_membantu_pembetukan_hormone_insulin
img src : maxpixel

Susu kambing etawa membantu pembetukan hormone insulin. Pembentukan hormone insulin ini dipacu dengan kandungan senyawa A-2 Betakasein dan Asam Amino yang terdapat pada susu kambing etawa. Insulin sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Insulin merupakan hormone yang berguna untuk mengubah gula menjadi energi. Sel dalam tubuh memerlukan gula untuk bekerja. Namun sel tidak bisa langusng mengubah gula menjadi energi, mereka membutuhkan insulin. Penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi karena pangkreas tidak berfungsi dengan baik untuk memproduksi insulin.

Mengontrol kadar gula

susu_kambing_etawa_juga_membantu_mengontrol_kadar_gula_dalam_tubuh
img src : pixabay

Kandungan A-2 Betakasein dan Asam Amino pada susu kambing etawa juga membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Insulin yang dibentuk oleh A-2 Betakasein dan Asam Amino membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula. Penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk mengatur kadar gula.

Susu kambing etawa dengan kandungan A-2 Betakasein dan Asam Amino membantu tubuh memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula. Itu sebabnya susu kambing etawa sangat disarankan bagi penderita diabetes secara rutin.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat_susu_kambing_etawa_untuk_diabetes_adalah_meningkatkan_daya_tahan_tubuh
img src : pixabay

Manfaat susu kambing etawa untuk diabetes adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Penderita diabetes biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lemah karena kerusakan pada saraf yang akibatkan oleh tingginya kadar gula darah.

Susu kambing etawa memiliki kandungan flourin yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh manusia. Kekebalan tubuh berfungsi untuk melawan infeksi.

Sistem imun atau kekebalan tubuh yang rendah menjadikan Anda rentan terhadap serangan penyakit dan infeksi. Susu kambing etawa mengandung flourin 10 sampai 100 kali lebih banyak dari susu sapi.

Perbedaan Susu Kambing Etawa dengan Susu Sapi

Susu_Kambing_Etawa_VS_Susu_Sapi
img src : pixabay

Susu kambing etawa memiliki kandungan yang berbeda dengan susu sapi. Jika susu kambing etawa disarankan untuk penyembuhan diabetes, susu sapi justru sebaliknya. Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu sapi.

Susu sapi mengandung A-1 Betakasein yang berbeda dengan A-2 Betakasein pada susu kambing etawa. Kandungan A-1 Betakasesin pada susu sapi mampu memicu diabetes. Selain itu susu sapi mengandung laktosa lebih banyak dibanding susu kambing etawa.

Laktosa merupakan salah satu molekul gula, gabungan dari molekul yang lebih kecil glukosa dan galaktosa. Laktosa mampu mempengaruhi kadar gula darah. Itulah kenapa penderita diabetes harus memperhatikan kandungan laktosa pada makanan atau minuman yang dia konsumsi.

Gejala Diabetes

Khasiat_Susu_Kambing_Etawa_untuk_Diabetes
img src : pixabay

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang wajib diwaspadai. Setiap tahun jumlah penderita diabetes terus bertambah. Di Negara maju seperti Amerika, diabetes menjadi penyakit paling mematikan seperti kanker dan AIDS.

Di Indonesia penyakit diabetes juga dikenal dengan kencing manis. Penyakit kencing manis menjadi penyebab kematian terbesar ketiga setelah penyakit jantung dan stroke. Berdasar hasil Riset Kesehatan Dasar jumlah tertinggi penderita diabetes adalah mereka yang berusia 15 tahun ke atas.

Penyakit diabetes disebabkan oleh glukosa atau kadar gula yang menumpuk di dalam darah karena tidak dapat diserap sel tubuh dengan baik. Penumpukan glukosa menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Diabetes yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan bagi penderita.

Masalahnya beberapa orang sering tidak sadar jika dirinya terkena diabetes. Cara paling mudah untuk mendeteksi penyakit diabetes adalah dengan melakukan tes darah di laboratorium. Namun beberapa gejala bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit diabetes.

Berikut gejala awal untuk mendeteksi diabetes:

Mati rasa

Tidak semua orang mengalami ini tapi umumnya kadar gula yang tinggi menyebabkan kerusakan pada saraf tubuh. Biasanya orang dengan diabetes merasa mati rasa, kesemutan, dan rasa sakit pada tubuh, khususnya kaki. Gejala ini muncul pada orang yang telah mengalami diabetes selama lima tahun atau lebih.

Penglihatan kabur

Pandangan kabur disebabkan gangguan pada saraf mata. Saat gula darah tinggi, terjadi penumpukan protein di dalam lensa mata sehingga memicu adanya katarak. Tidak terkontrolnya gula darah memicu gangguan pembuluh darah kecil pada mata hingga menimbulkan kerusakan (pecah) sehingga saraf mata tidak bisa bekerja dengan baik.

Perubahan kondisi kulit

Kadar gula yang tinggi memicu munculnya bercak hitam pada kulit. Perubahan pada kondisi kulit bisa menjadi tanda awal bahwa Anda terkena diabetes. Kulit bisa menjadi lebih gelap, bersisik, hingga munculnya keriput.

Rentan pada penyakit dan infeksi

Penderita diabetes mudah terjangkit penyakit atau infeksi dari bakteri maupun jamur. Ini diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi biasanya terjadi pada lipatan kulit yang hangat dan lemban seperti antar jari, bawah payudara, atau di sekitar alam kelamin.

Gusi yang membengkak

Orang dengan diabetes biasa mengalami sistem kekebalan tubuh yang menurun dan kemampuan untuk melawan infeksi, Kondisi ini meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan rahang gigi. Gusi Anda akan mudah terluka dan mengalami pembengkakan.

Sulit menyembuhkan luka

Kadar gula darah yang tinggi berpengaruh pada aliran darah dan menimbulkan kerusakan saraf. Hal ini berpengaruh pada kemampuan tubuh Anda untuk melalukan proses penyembuhan alami. Jika Anda terkena diabetes, tubuh Anda akan merespon luka dengan lambat sehingga proses penyembuhan alami menjadi lama.

Memahami gelaja diabetes memudahkan Anda untuk menangani dan melakukan pencegahan, Diabetes bukanlah penyakit yang bisa diremehkan.

Penderita diabetes harus mendapatkan perawatan yang tepat untuk menghindari kondisi yang lebih buruk. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu kambing etawa. Manfaat susu kambing etawa untuk diabetes terbukti mampu mengobati penyakit tersebut.

Kandungan yang terdapat pada susu kambing etawa membatu Anda untuk mengobati penyakit diabetes. Penderita diabetes biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kambing etawa karena mereka harus berhati-hati dengan kandungan yang terdapat pada susu sapi.

Setelah mengetahui manfaat susu kambing etawa untuk diabetes tentu Anda sudah tidak ragu lagi untuk mengkonsumsinya bukan? Anda bisa mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin sebagai metode penyembuhan untuk penyakit diabetes.

One Comment

  1. As salam / slmt potang
    Nk ty susu ni sesuai tk utk ibu hamil yg memang mgidap diabetis ..dn bru awal hamil..? Boleh ke minum susu ni? ..harga bapo ye skotak ada bapo pek..ok tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *